Sabtu, 12 Mei 2012

SUMBER DAYA yang DIGUNAKAN OLEH LINGKUNGAN ORGANISASI RUMAH SAKIT


SUMBER DAYA yang DIGUNAKAN OLEH LINGKUNGAN ORGANISASI RUMAH SAKIT

Organisasi
Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Finansial
Sumber Daya Fisik
Sumber Daya Informasi
Rumah Sakit
Dokter,Perawat,Apoteker,Staff,Administrasi,dll
Bantuan pemerintah(dana bantuan/dari donor),income dari pelayanan RS,
Peralatan kesehatan,Fasili-tas Rumah Sakit,Lab,Gedung(bangunan) RS
Laporan Keadaaan pasien,SIM (Sistem Informasi Manajemen) RS,Hasil Riset

Pembahasan :
-          Sumber daya manusia,merupakan sumber utama keunggulan kompetitif berkesinambungan  (sustainable competitive advantage). SDM di RS merupakan problem yang paling kompleks dibandingkan SDM di organisasi lain. SDM  yang dibutuhkan oleh RS yaitu dokter,perawat,apoteker,staff,administrasi,dll.
-          Sumber daya finansial,Keuangan RS harus bisa dikelola dengan baik agar sumber daya keuangan yang relatif terbatas dapat digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sumber daya finansial rumah sakit berasal dari bantuan pemerintah ( dari donor lainnya) serta income dari pelayanan rumah sakit.
-          Sumber daya fisik, jelas sangat dibutuhkan sebagai penunujang dari sumber-sumber daya yang lainnya untuk mengoptimalkan kinerja suatu organisasi(perusahaan). Peralatan kesehatan,gedung,lab serta fasilitas rumah sakit yang lainnya merupakan sumber daya fisik pada organisasi rumah sakit
-          Sumber daya informasi. Tidak diragukan lagi informasi merupakan sarana yang sangat penting dalam pangambilan suatu keputusan. Untuk rumah sakit sumber daya informasinya adalah SIM RS,laporan keadaan pasien,hasil riset,dll.
Kesimpulan :
Manajer Rumah Sakit membutuhkan tenaga dokter,perawat,apoteker,staff,administrasi,dll. Bantuan dari pemerintah atau mungkin dari donor lainnya serta income dari pelayanan Rumah Sakit agar organisasi tersebut dapat terus berjalan. Peralatan kesehatan,fasilitas Rumah Sakit,Lab,serta gedung (bangunan) rumah sakit yang ada juga diperlukan untuk menunjang kinerja dari organisasi rumah sakit. Selain itu laporan keadaan pasien,SIM rumah sakit serta hasil riset juga sangat dibutuhkan untuk mengambil keputusan atau langkah-langkah apa yang akan diambil guna memberikan layanan yang maksimal kepada pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar